SEJARAH SMP NEGERI 1 BOYOLALI

Pada zaman penjajahan Belanda di Boyolali berdiri sekolah khusus untuk golongan priyayi  atau Pegawai yang disebut HIS.

Ketika Jepang menjajah Indonesia HIS diubah menjadi SR Dua Sempurna dengan Bapak Agus Suyono sebagai Kepala Sekolah yang saat itu disebut Mantri Guru, Beliau mempunyai keinginan untuk mendirikan SMP Negeri, yang saat itu belum ada di Boyolali.

Keinginan itu terwujud pada tanggal 1 September 1946 berdiri SMP Negeri yang menempati gedung HIS. Sebagai kepala Sekolahnya Bapak Aryono Windudipuro. Dan Bapak Agus Suyono yang sebagai pendiri SMP NEGERI 1 BOYOLALI.

Pada tahun 1952, Bpk Aryono Windudipuro digantikan oleh Bapak Siswo Subroto.  Di bawah pimpinan beliau sekolah mengalami kemajuan pesat, hal ini terbukti pada tahun 1953 menduduki peringkat 2 se Indonesia dalam Ujian Negara, Sebagai hadiahnya pemerintah membuatkan 4 ruang kelas sebelah Selatan. Sejak saat itulah SMP Negeri menjadi Sekolah favorit dan kebanggaan masyarakat Boyolali.

Pada bulan Agustus 1957 berdiri lagi sebuah SMP Negeri yang terletak di jalan Pandanaran, kemudian disebut SMP N 2 Boyolali, sedangkan yang di jalan Merapi disebut SMP N 1 Boyolali.

Tahun 1969, Bapak Siswo Siswosubroto memasuki masa pensiun.Kemudian  bapak Hirlani, BA menggantikannya

Pada tahun 1982, bapak Hirlani BA mutasi ke SMPN 2 Boyolali, yang selanjutya Kepala SMPN 1 dijabat oleh bapak Drs. Joko Suwarno.

Tahun 1992, bapak Drs Joko Suwarno dipromosikan menjadi pengawas di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Boyolali, sehingga Kepala Sekolah digantikan oleh ibu TH Sri Hastuti.

Pada tahun 1998, ibu TH Sri Hastuti memasuki purna tugas, maka pucuk pimpinan SMP N 1 diemban oleh bpk Drs Djuwandi.

Pada tahun 2004, bapak Drs Juwandi wafat, sebagai pengganti nya adalah ibu Suharni, S.Pd. Pada masa kepemimpinan beliau SMPN 1 mendapat predikat Sekolah Standart Nasional.

Tahun 2005, ibu Suharni S.Pd dipromosikan sebagai pengawas,sebagai gantinya bapak Drs Sunarto, M.Pd

Beliau menjabat kepala sekolah sampai tahun 2006, karena mutasi ke SMP N 2 Boyolli. Kemudian Kepala SMPN 1 Dijabat oleh Drs. Suratno, M.Pd. Pada masa kepemimpinan beliau SMP N 1 Boyolali memperoleh predikat Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional.

Pada bulan Juli 2009, bapak Suratno, M.Pd dipromosikan menjadi pengawas ,kemudian kepala SMPN 1 dijabat oleh bapak drs. H Samsudin, M.Pd.

Pada bulan Oktober 2010, bapak Drs H Samsudin,M.Pd. dipromosikan menjadi Pengawas, sebagai gantinya adalah ibu Lisning Sumanti,S.Pd,M.Pd,M.M .

Di bawah kepemimpinan ibu Lisning Sumanti,S.Pd,M.Pd,M.M SMP Negeri 1 Boyolali memperoleh Predikat Sekolah Bertaraf Internasional

Tanggal 18 Agustus 2013 sampai dengan April 2017 Bapak Sudibyo, S.Pd., M.Pd menjadi Kepala SMP Negeri 1 Boyolali membawa SMP Negeri 1 Boyolali meraih nilai NA peringkat 5 se propinsi untuk sekolah negeri. Dan peringkat 6 untuk sekolah negeri-swasta se propinsi Jawa tengah.

Pada tanggal 30 April 2017 Nurnaningsih, S.Pd., M.M menjadi Kepala SMP Negeri 1 Boyolali. Membawa prestasi semakin melambung. Pada Tahun pelajaran 2017/2018 nilai NA meraih peringkat 3 se propinsi Jawa tengah. Pada Tahun pelajaran 2018/2019 nilai NA meraih peringkat 2 se propinsi Jawa Tengah Dan peringkat 11 di peringkat Nasional.

Banyak sudah kejuaraan teraih, banyak sudah prestasi tertoreh . Kejuaraan- kejuaraan yang bersifat akademis maupun non akademis telah sering dimenangkan baik tingkat kabupaten,propinsi,  maupun nasional.

Kepala sekolah  telah memberikan kontribusi yang tak terbantahkan dengan didukung semua stake holder yang ada.

Jalan telah di bentangkan, Jembatan telah dihubungkan. Kita tinggal melangkahkan kaki. Mari bersama baktikan diri untuk sekolah kita. Kita songsong generasi emas Indonesia.